Skip to main content

Cerita lahir - Kidung Senja



Proses kehamilan dan melahirkan menjadi momen sakral dan tak terlupakan menurut saya
Dan momen tersebut akan terus diingat semasa hidup... Mungkin kelak akan menjadi sebuah cerita ke si anak ketika dia besar nanti

Proses kehamilan dan melahirkan bisa menimbulkan trauma kepada janin
Ibu yang stresa semasa hamil dan proses kelahiran yang menegangkan membuat janin stress juga loh

Kenapa saya menuliskan "melahirkan" bukan persalinan?
Karena proses tersebut bukan hanya tentang si bayi yg lahir dari rahim ibunya, tapi proses terlahir kembali si ayah dan ibu menjadi orang yang baru... Orang tua :)

Sekarang saya mau sedikit bercerita tentang lahirnya seorang Kidung Senja dan kami sebagai orang tua yang terlahir kembali

❤❤❤❤❤❤

Senja terlahir pada usia kehamilan 38 minggu
Dengan tenang dan bahagia
Didampingi suami tercinta dan tenaga kesehatan ahli yang saya pilih

Selama masa kehamilan saya sangat menikmati
Ditambah waktu itu masih menjadi ibu bekerja diranah publik. Depok - Jakarta rasanya deket banget waktu itu
Naik KRL yang penuh pun masih dijalani sampai 3 hari sebelum melahirkan

Karena saat itu saya masih bekerja diranah publik, jadi saya fokus untuk mempelajari soal ASI
Bagaimana proses menyusui, perah ASI , pelekatan, suply demand ASI, dan lain lain soal per-ASI-an

Rasanya saya lupa bahwa ada hal yang harus saya fokuskan terlebih dahulu sebelum memberikan ASI
Ya... Saya lupa belajar tentang melahirkan yang minim trauma

Yaa sampai pada suatu ketika saya sadar bahwa ada 2 proses persalinan, operasi sesar dan pervaginam
Lalu saya pilih mana?
Ah jelas saya pilih melahirkan pervaginam, karena saya berpikir kehamilan saya baik-baik saja dan posisi janin optimal
Tapi gimana caranya bisa lahiran minim trauma ya?
Heu... Waktu itu saya sempat ogah untuk mengunjungi RS dan bertemu dokter
Karena 3 dari 4 yang hamil di ruangan saya melahirkan dengan proses sesar
Ditambah istri rekan kerja saya pun melahirkan dengan operasi sesar

Dan dari cerita mereka yang terekam dalam otak saya adalah melahirkan itu SAKIT
Waaahhh... Jiper dong yaaa denger yg begituan 

Akhirnya saya coba googling dengan keyword "melahirkan tanpa rasa sakit"
Dari situ bermunculan artikel-artikel dan saya membaca satu persatu
Sampai entah bagaimana awal mulanya, saya menemukan blog mba fridha dan jadi makin "kepo" soal gentlebirth
Karena ke-kepo-an saya, akhirnya saya memberanikan chat mba fridha via Whatsapp
Ah gayung bersambut... Direspon sama beliau dan akhirnya kita chit chat soal melahirkan dan gentle birth
Dan beliau memberikan saya no telp bidan erie
Lagi-lagi gayung bersambut, saya bisa chat bidan erie dan beliau merespon... Alhamdulillah

Setelah diskusi bersama suami tentang ketakutan saya untuk ke RS dan meminta izin (juga dana) untuk cek ke bidan erie
Alhamdulillah suami mengizinkan untuk visit ke bidan erie

Pertama kali visit agak nyasar-nyasar dikit sih hehehe
Terus agak kaget juga sama perlakuan beliau saat itu. Karena yaaa first impression beliau JUTEK bok dan asli ngomongnya tu de poin banget ditambah logatnya yg agak tegas
Visit untuk pertama kalinya ini cuma sesi curhat aja sih, ngeluarin unek-unek dan segala ketakutan soal persalinan
Setelah curhat alhamdulillah tenang banget

Sebenernya suami pun percaya kalo saya bisa melahirkan normal pervaginam
Tapi entah kenapa saya butuh support dari orang lain yang ahli dibidangnya

Pertemuan kedua saya dengan bidan erie berlanjut
Kali ini ikutan prenatal yoga
Keluhan semasa hamil Senja cuma satu nyeri di tulang belikat kiri
Setelah yoga dan hypnobirth rasanya enakeun... Badan serasa fresh banget nget nget dan tenaaang banget
After yoga diperiksa djj dan bu bidan sempet komunikasi dengan janin
Ah saat itu suami diminta untuk mendengarkan langsung detak jantung janin tanpa alat
Amazingly... Kedengeran dong bok hahaha

2 kali ketemu bidan erie
Dan itu gak langsung bikin suami menyetujui untuk melahirkan disana
Karena ini anak pertama, suami gak mau salah dalam bertindak... Ada 2 nyawa yang harus diselamatkan
Ah oke baiklah... Bismillah... Semesta mendukung untuk melahirkan di RS dan bisa melahirkan dengan nyaman

Setelah pertemuan kedua dan yoga di bidan erie, saya memutuskan untuk stop visit siapapun dan dimana pun
Saya pilih stay dirumah dan latihan prenatal yoga sendiri setiap pagi

❤❤❤❤❤❤❤

15 september 2016

Saya masih memutuskan untuk ke kantor
Dari rumah memang saya sudah merasakan mules, tapi saya bawa santai karena tau itu kontraksi palsu
Di KRL pun beberapa kali sempet mules, tapi saya tetap cuek dan pilih tidur 
Sampai st. Juanda saya memutuskan untuk naik ojek ke kantor
Dikantor saya merasakan mules yang sama lagi dan saya sedikit bergumam "duh kok mules lagi ya"
Dengan cepat datang respon dari rekan kerja saya "heh. Pulang lu. Ntar ngelahirin disini aja"
Yaaah baru sampe kantor disuruh pulang. Cape lah eke 

Niat hati rabu terakhir ngantor diminggu ini, terus ngantor lagi hari jum'at minggu depan buat beberes barang dan pengajuan cuti
Karena memang kerjaan lagi senggang banget

Tapi Allah swt. punya rencana lain...

16 dan 17 september 2018
Pagi masih yoga sendirian dan aktifitas seperti biasanya
Tidur malam masih nyenyak

18 september 2018
Jam 1 pagi kebangun karena mules. Terus bilang suami dan akhirnya kita nonton youtube sambil ketawa-ketawa, sesekali mules datang tapi masih bisa dinikmati

Jam 8 pagi memutuskan untuk beli sarapan dan cari beberapa barang si calon baby
Sambil ngerasain mules, tapi masih bisa dinikmati

Jam 9 mulai keluar lendir campur darah
Pas lagi naik tangga tiba-tiba ada yang jatuh "plok" pas diliat si lendir campur darah... Ambil, buang, cuci tangan
Gak bilang suami, karena takut beliau kepikiran dan maksa ke RS 

Mules makin intens, di aplikasi kontraksi udah disuruh ke RS
Tapi karena masih bisa dinikmati jadi santai aja
Masih duduk dikursi (gak punya gymball) dan afirmasi si janin

Jam 2 siang, karena suami makin rempong nanya-nanya mau ke RS atau enggak (karena kasian liat istrinya mules)... Akhirnya kita memutuskan untuk ke klinik terdekat

Selama hamil kita cek di RS dan ini pertama kalinya ke klinik tersebut untuk diri sendiri... Biasanya paling nganter orang (fyi. Ini klinik heits banget seantero cilodong)

Sampai diklinik kok sepi ya, gak ada parkir motor atau antrian pasien... Tapi gerbang dibuka
Yaudah laaah nyelonong aja masuk, nanti juga ketemu orang hahaha

Pas dihalaman klinik ketemu seorang bapak, lalu tanya sama beliau "kok sepi pak?"
Dan ternyata hari minggu klinik itu libur dong hahaha mana tau kan yaaa daku
Si bapak tanya ada keperluan apa, ya saya bilang "mules pak. Bisa periksa gak ya didalem?"
Eh kok beliau langsung bengong gitu mukanya, terus ngomong "lah neng mules? Kok gagah amat? Udah sana kedalem, ada bidan mah"
Oke baiklah... Si bapak ternyata terkedjot karena saya masih petakilan dikala mules hahahaha

Masuk ke klinik. Ketemu bidan jaga dan diminta untuk cek pembukaan

Yang saya pelajarin di gentlebirth cek pembukaan kalo bisa dilakukan ketika tidak ada kontraksi
Karena saat kontraksi dan VT rasanya makin mak nyos

But... Teori itu gak semua dipraktekan
Ya tapi saya emang ke klinik biasa dan ketemu bidan biasa sih, bukan praktisi gentlebirth
Jadilah VT dilakukan ketika mules melanda

VT pertama belum teraba jelas, padahal itu lagi kontraksi
Akhirnya bidan tersebut minta melakukan VT kedua dan beliau minta saya untuk bilang jika mulai kontraksi
Hmm... Lau pikir eke mau sakit untuk kedua kali... Enggak lah ya 
Saat kontraksi datang saya cuek aja, saat kontraksi mereda barulah saya bilang dan di VT lagi
Rasanya gak sakit dan pembukaan teraba

Saat itu sudah pembukaan 2
Saya tanya masih boleh pulang atau tidak, bidan tersebut agak bingung juga... Karena prosedurnya jika sudah pembukaan 2 seharusnya stay disana, tapi karena saya memilih melahirkan di RS jadi diperbolehkan pulang

Mules semakin intens dan semakin nikmat, pak suami juga semakin bawel minta istrinya untuk ke RS
Istrinya ini masih tenang aja dan beralasan ini itu untuk menunda ke RS 
Akhirnya deal... Jika sampai ba'da maghrib mulesnya makin intens, kita berangkat ke RS
Tapi dengan syarat dari istri "naik motor aja dan gak bawa barang-barang"

Mules makin intens dan maghrib pun tiba
Ah oke baiklah... Sesuai perjanjian suami beres sholat maghrib kita langsung berangkat ke RS

Dijalan masih bercandaan seperti biasa, bukan untuk pengalihan isu 

Sampai mendekati RS suami tanya mau turun di depan lobi apa ikut ke parkiran
Saya pun memilih ikut ke parkiran, karena masih kuat dan yaa iseng aja sih
Dari parkiran jalan ke lobi RS sesekali berhenti karena kontraksi muncul
Tiba-tiba ada seorang bapak nanya "kenapa mas?". Yaa suami enteng aja jawabnya "ini pak lagi mules" dan kita pun senyum ke sibapak
Yaaa mungkin sibapak ikutan panik kali ya, langsung beliau agak tegas gitu nadanya "loh istri mules kok diajak keparkiran. Gimana sih!"
Istri sigap langsung bilang kalo itu mau saya paaakkk... Bukan suami yg minta
Akhirnya pergilah sibapak

Saya pilih masuk UGD, karena riwayat sudah pembukaan 2 dan saya tau bahwa obgyn saya tidak ada jadwal praktek di hari minggu

Di UGD dicek sudah pembukaan 3 menuju 4
Cek DJJ bagus, tensi bagus dan tidak ada riwayat kehamilan
Dr. Ugd telp ke obgyn minta approval tindakan selanjutnya
Selama di UGD saya sendirian, suami urus administrasi
Gak lama ada mas-mas bawa kursi roda dan bilang bahwa saya diminta ke ruang persalinan
Tapi harus naik kursi roda 
Udah ngebujuk untuk jalan aja, tetep gak dibolehin... Katanya takut dimarahin sama dr. Dewi
Yasudah nurut deh
Asli naik kursi roda GAK ENAK

Sampai di ruang bersalin dicek lagi pembukaan, sudah pembukaan 4
Ganti baju dan jalan-jalan disekitar ruangan

Oiya karena dr. Dewi gak praktek hari minggu dan beliau saat itu ada di Sudirman
Perawat kasih opsi untuk dokter kandungan yg ready
Tapi dokternya laki-laki dan rumah dokter terdekat dari RS pun laki-laki
Bukannya gak mau, tapi jujur saya sungkan banget kalo dapet dokter laki-laki
Keputusan diambil... Jam 9 malam, jika dr. Dewi belum sampai Depok terpaksa harus ditangani dengan dokter jaga

Oke mari afirmasi ke janinku
"Nak... Dr. Dewi masih dijalan, kaka sayang momi kan... Kita tunggu dr. Dewi dateng ya nak, baru nanti kaka boleh meluncur keluar dari rahim momi. Tapi kalo emang kaka mau keluar sekarang gapapa nak, insyaallah momi ikhlas... Yuk kaka pilih mau kapan dan bersama siapa kaka dilahirkan"

Jam menunjukan pukul 21.00
Perawat masuk ruangan dan bilang "bu dr. Dewi sudah di Margonda, beliau anter anaknya dulu baru lanjut ke RS ya"

Baiklah sus...
Saya masih menikmati kok

Selama di ruang bersalin, saya ditemani suami
Masih bisa jalan-jalan keliling ruangan, buang air kecil, telp-an juga dan tilawah beberapa ayat

Mules makin menakjubkan rasanya
Akhirnya memutuskan untuk tiduran sambik ngobrol sama suami
Tiap kali kontraksi datang tangan suami jadi pegangan penguat *ecieee*
Sempet mama mertua masuk ruangan juga untuk nemenin

Makin malam, makin mules dan makin ngantuk
Mules KALAH SAMA NGANTUK cyin... Akhirnya saya memutuskan untuk tidur
Rasa-rasanya sih itu tidur ternyenyak dan terpules sepanjang hari itu
Dan bangun ketika denger sapaan dari sang dokter yang rasa-rasa ibu peri saat itu

Cek pembukaan sudah lengkap dan dokter bilang dengan santainya "saya pecahin ketubannya ya. Kalo satu jam belum lahir kita vakum"

Karena masih polos dan yakin kalo Senja akan keluar dengan mudah
Jadi saya optimis bisa melahirkan tanpa alat bantu

Sebelum dokter pecahin ketuban. Sempat afirmasi lagi ke janin "ayo nak kita berjuang. Senja bantu momi dari dalam, momi bantu senja dari luar dan daddy bantu doa. Bismillah"

Beberapa kali mengejan
Pukul 23.20 lahirlah seorang bayi (beneran) mungil
Dengan berat 2320gr dan panjang 50cm
Yang diberi nama KIDUNG SENJA KILIA AL RASYID

Senja dipindah kedada saya untuk melakukan IMD
Sambil IMD proses melahirkan plasenta terjadi
Ada sensasi mules lagi dan tiba-tiba terasa ada  yang keluar
Lalu dilakukan proses penjahitan robekan vagina

IMD selesai, Senja dibawa untuk diukur tinggi dan beratnya
Saya dibersihkan, ganti baju dll
Perawat bilang baru boleh ke ruang perawatan setelah bisa BAK

30 menit setelah melahirkan saya bisa BAK sendiri
Setelah itu saya dipindah keruang rawat dengan menggunakan kursi roda
Sampai diruang rawat saya memilih untuk mandi, karena badan gak enak dan bau darah nifasnya bikin gak nyaman
Beres mandi langsung makan nasi pake rendang asli Padang 

❤❤❤❤❤❤❤

Demikian cerita lahir Kidung Senja yang panjang bukan kepalang 
Saya tulis ini untuk menjadi pengingat tentang proses indah ini dan bahan bacaan untuk Senja kelak ❤

Salam cinta
Momi, dadad, senja ❤


Comments

Popular posts from this blog

Day 6 - Komunikasi Produktif

Memasuki hari ke 6 di tantangan 10 hari komunikasi produktif Udah beberapa hari jaringan provider ngaco, bukan lagi gak ada koneksi internet, tapi gak ada signal 😣 Lalu dilanjutkan dengan mood yang berantakan 😥 jangankan mau ngetik panjang lebar, cek chat di whatsapp aja males banget Alhamdulillah hari ini mood membaik dan provider sudah sembuh Mari melanjutkan tantangan 10 hari yang tertunda 😌 🐰🐰🐰 Mohon maaf sebelumnya, foto kali ini agak fulgar 😩 Beberapa hari ini timbul bentol-bentol ditubuh senja, random gitu si bentolnya Awalnya kecil, karena gatel dan digaruk akhirnya si bentol makin melebar dan jadi ada dimana-mana gitu Ini terakhir semalam. Bentol sedikit digaruk dan akhirnya jadi sebadan gitu 😭 Sedih lihatnyaaaa 😭😭😭 Awalnya kita pikir ini alergi. Pencetusnya dicurigai dari udang rebon atau paru sapi. Keduanya kita stop, tapi ternyata masih timbul Ternyata ini reaksi kalo Senja gerah kringetan 😭 langsung aja deh muncul bentol

Weekendlist - Ulang Tahun Komunitas Homeschooler Depok

Selamat ulang tahun KERLAP yang ke 4 tahun 🎂🎂🎂🎂 Apa sih kerlap? Kerlap itu salah satu komunitas homeschooling yang ada di Depok Sejak memutuskan untk homeschooling Senja, jadilah aku bergabung bersama keluarga Kerlap Kegiatan Kerlap sendiri sangat banyaaakkk dan ini salah satu kegiatan tahunannya Merayakan Ulang tahun Kerlap dengan penuh suka cita ❤ Acara sederhana namun melekat erat dihati juga pikiran daaannn... Acara ini bertabur makanan hihihi Makanan dari potluck, banyak jenisnya dan rasanya yum yum yuuummy 😍 Minggu lalu udah sounding Senja "hari sabtu nanti Kerlap ulang tahun dan kita harus kesana, jadi Senja harua bangun pagi biar gak telat" Anaknya mengangguk tanda mendengarkan, tapi belum mengerti nih hihihi 2 hari sebelum acara dimulai, Senja bilang "mom, besok aku mau ke uang tahun loh... Ulang tahun kaka zha" Karena emaknya ini belum ngeh, jadi dibilang lah kalo ultah kaka zha itu bulan mei Lanjut dihari berikutnya masih ter

Nhw 8 : Misi Hidup dan Produktivitas

Pagi seniiiinnn... Sudah masuk minggu ke 9 dan eke baru ngerjain NHW 8 😅 Entah kenapa Senja hanya bisa diajak kerja sama dipagi hari, hari senin 😄 Oke lanjut nhw 8 ya mak... A. Ambil salah satu aktifitas yang sudah teman tulis dikuadran SUKA dan BISA (NHW 7) Dikuadran S&B aku tulis 8 poin, mari kita ambil salah satu... Ambil yg mana yaaa 😆 Ambil poin "BERJUALAN" sepertinya pas... 🍃🍃 B. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan "BE DO HAVE" ⬇⬇⬇ 🍒 BE (ingin menjadi apa?) Ingin menjadi dasterpreneur yang bisa memotivasi banyak orang --- Sedikit cerita boleh ya mak... Sejujurnya ingin sekali menjadi doula persalinan. Kenapa? Karena melihat kasus persalinan di Indonesia yg lebih banyak kata "takut" dari pada action memberdayakan diri Tapi menjadi doula perlu belajar dan itu gak murah 😄 Jadi... Mari kita kumpulkan lembaran dollar dari DASTERPRENEUR dulu 😆 🍒 DO (ingin melakukan apa?) Sampai saat ini masih memantapkan untuk produk