Skip to main content

Apa yang dilakukan pasca melahirkan? Berikut kisah saya setelah melahirkan



Proses melahirkan yang indah sudah dilalui, sekarang saatnya untuk melakukan perawatan pasca melahirkan

Mitos-mitos yang berkembang dimasyarakat kita tentang pantangan setelah melahirkan itu banyak
Ada yang bilang jangan makan ikan, nanti asinya amis. Jangan tidur siang nanti darah putih naik ke mata. Minum jamu biar darah nifasnya gak amis daaaan masih banyak lagi mitos lainnya
Yaaa bicara mitos memang gak akan ada habisnya, tinggal kita sebagai kaum yang lebih maju untuk mencernanya

Saya pribadi gak ada pantangan selama masa nifas. Karena setelah beres tindakan melahirkan obgyn saya langsung bilang "nah sekarang bisa makan apa aja ya, bebas. Tapi liat reaksi anaknya"
Dan pembicaraan itu didengar oleh suami, orang tua dan mertua saya

Sampai dirumah memang banyak mitos seliweran ditelinga
Larangan ina ini ono datang dari berbagai pihak yang menjenguk kerumah

Tapi balik lagi mendengar pendapat boleh kok, sah-sah saja... Hanya saja untuk pengaplikasiannya lebih baik dicerna dulu yaa. Jadi gak asal tangkep dan akhirnya merugikan diri sendiri :)

Selama masa nifas saya beberapa kali keluar rumah
Visit DSA dan obgyn untuk cek berkala setelah melahirkan
Ke klinik untuk Imunisasi dan ke bidan untuk tindik

Untuk makanan apapun saya makan
Karena ibu menyusui butuh gizi yang baik untuk si anak. Ada nyawa yang bergantung pada asupan  si ibu

Jika dibilang gak boleh makan ikan, nanti asinya amis
Hmm... ikan umumnya mengandung DHA, ARA, EPA serta omega 3 dan 6 yang baik untuk perkembangan otak anak. Yakin gak mau makan ikan?
Dan ASI ya memang amis baunya, apalagi jika rembes dan menempel kepakaian

Terus diminta minum jamu, biar darah nifasnya gak amis
Eh emang ada darah yang baunya gak amis? Rasanya semua darah ya amis kan ;)
Saya pribadi pernah beberapa kali minum jamu, yaa sekedar iseng aja dan untuk mengiyakan perintah ndoro mamih saat itu
Disaya gak berefek apa-apa... Tapi yang saya khawatir ya ke si anak
Kalo nyatanya dalam kandungan jamu ada zat yang gak bisa ditoleransi sama tubuh si anak gimana? Akibatnya bisa alergi kan
Jadi dari pada kita tebak-tebak buah manggis, lebih baik gak usah dilakukan
Lebih baik mencegah dari pada mengobati kan :*

Untuk masalah tidur, kapan pun boleh tidur loh
Gak ada larangan ina ini ono untuk tidur
Setelah melahirkan dan dipindah keruang rawat, saya bisa tidur puas banget dari jam 1 sampai jam 6 pagi (Dulu Senja gak rooming in, ini kejadian yang saya sesalkan dan gak akan terulang dianak kedua nanti)
Dirumah pun saya bebas tidur
Senja tidur, ya saya tidur 😄
Walaupun malam hari Senja gak pernah begadang, tapi dari newborn sampai 3 bulan Senja itu maunya tidur sambil dipangku 😅
Jadi bisa dibilang tiap tidur itu saya harus pangku senja dan saya tidur posisi duduk
Kenapa gak menyusui posisi tidur? Eke belom mahir cyin dulu mah 😆

Mitos tetaplah mitos, beberapa yang mampir kerumah dan tau saya tidur siang pasti akan komentar perihal mitos tersebut

❤❤❤❤❤❤

7 hari setelah melahirkan saya melakukan pijat dan pasng stagen + korset

Kok pijat?
Iyaaa... Kalo gak dipijet ini badan udah runtuh kali bok ahahhaa
Sekujur badan dipijat dan gak lupa pijat laktasi juga untuk melancarkan aliran asi
Jadi payudara dipijat sama si ibu pijet ini, sekalian juga minta pijat oksitosin

Setelah beres pijat, saya mandi dan dilanjutkan pemasangan stagen + korset
Bisa sih pasang stagen sendiri, tapi ya gak sekencang dipasangin sama ahlinya

Buat apa sih pasang stagen segala?
Buat apa yaaa... Saya pribadi pasang stagen untuk kenyamanan
Setelah melahirkan perut rasanya turun banget, pokoknya gak nyaman deh
Pas di RS saya siasatin untuk memakai korset aja. Setelah dirumah baru saya pasang stagen
Pemakaian stagen sendiri saya lakukan selama 1 bulan, setelah itu saya masih pakai korset sampai 6 bulan

Apa dengan pake stagen dan korset menjamin perut gak buncit?
Jawabnnya ENGGAK cyin hahaha
Membuat perut kembali rata macam gadis ya perlu latihan, otot perut yg kendur harus dikencangkan, bukan dibetot pake stagen dan korset 😝

Again yaa... Saya pake stagen dan korset hanya untuk KENYAMANAN pribadi ❤

❤❤❤❤❤❤❤

Sekian ya... Nanti dilanjut untuk cerita menyusui dan juga tip and trick menyusui saat puasa ❤

Salam cinta
Momi, dadad, senja ❤


Comments

Popular posts from this blog

Day 6 - Komunikasi Produktif

Memasuki hari ke 6 di tantangan 10 hari komunikasi produktif Udah beberapa hari jaringan provider ngaco, bukan lagi gak ada koneksi internet, tapi gak ada signal 😣 Lalu dilanjutkan dengan mood yang berantakan 😥 jangankan mau ngetik panjang lebar, cek chat di whatsapp aja males banget Alhamdulillah hari ini mood membaik dan provider sudah sembuh Mari melanjutkan tantangan 10 hari yang tertunda 😌 🐰🐰🐰 Mohon maaf sebelumnya, foto kali ini agak fulgar 😩 Beberapa hari ini timbul bentol-bentol ditubuh senja, random gitu si bentolnya Awalnya kecil, karena gatel dan digaruk akhirnya si bentol makin melebar dan jadi ada dimana-mana gitu Ini terakhir semalam. Bentol sedikit digaruk dan akhirnya jadi sebadan gitu 😭 Sedih lihatnyaaaa 😭😭😭 Awalnya kita pikir ini alergi. Pencetusnya dicurigai dari udang rebon atau paru sapi. Keduanya kita stop, tapi ternyata masih timbul Ternyata ini reaksi kalo Senja gerah kringetan 😭 langsung aja deh muncul bentol

Weekendlist - Ulang Tahun Komunitas Homeschooler Depok

Selamat ulang tahun KERLAP yang ke 4 tahun 🎂🎂🎂🎂 Apa sih kerlap? Kerlap itu salah satu komunitas homeschooling yang ada di Depok Sejak memutuskan untk homeschooling Senja, jadilah aku bergabung bersama keluarga Kerlap Kegiatan Kerlap sendiri sangat banyaaakkk dan ini salah satu kegiatan tahunannya Merayakan Ulang tahun Kerlap dengan penuh suka cita ❤ Acara sederhana namun melekat erat dihati juga pikiran daaannn... Acara ini bertabur makanan hihihi Makanan dari potluck, banyak jenisnya dan rasanya yum yum yuuummy 😍 Minggu lalu udah sounding Senja "hari sabtu nanti Kerlap ulang tahun dan kita harus kesana, jadi Senja harua bangun pagi biar gak telat" Anaknya mengangguk tanda mendengarkan, tapi belum mengerti nih hihihi 2 hari sebelum acara dimulai, Senja bilang "mom, besok aku mau ke uang tahun loh... Ulang tahun kaka zha" Karena emaknya ini belum ngeh, jadi dibilang lah kalo ultah kaka zha itu bulan mei Lanjut dihari berikutnya masih ter

Nhw 8 : Misi Hidup dan Produktivitas

Pagi seniiiinnn... Sudah masuk minggu ke 9 dan eke baru ngerjain NHW 8 😅 Entah kenapa Senja hanya bisa diajak kerja sama dipagi hari, hari senin 😄 Oke lanjut nhw 8 ya mak... A. Ambil salah satu aktifitas yang sudah teman tulis dikuadran SUKA dan BISA (NHW 7) Dikuadran S&B aku tulis 8 poin, mari kita ambil salah satu... Ambil yg mana yaaa 😆 Ambil poin "BERJUALAN" sepertinya pas... 🍃🍃 B. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan "BE DO HAVE" ⬇⬇⬇ 🍒 BE (ingin menjadi apa?) Ingin menjadi dasterpreneur yang bisa memotivasi banyak orang --- Sedikit cerita boleh ya mak... Sejujurnya ingin sekali menjadi doula persalinan. Kenapa? Karena melihat kasus persalinan di Indonesia yg lebih banyak kata "takut" dari pada action memberdayakan diri Tapi menjadi doula perlu belajar dan itu gak murah 😄 Jadi... Mari kita kumpulkan lembaran dollar dari DASTERPRENEUR dulu 😆 🍒 DO (ingin melakukan apa?) Sampai saat ini masih memantapkan untuk produk